Review Dilan 1990 : Kisah Cinta Masa SMA

Via https://pbs.twimg.com/media/DShkOj3UQAAfh5I.jpg Via Istimewa

Hallo Mastah

Kali ini saya tidak akan membagikan tutorial atau aplikasi dan game kepada kalian akan tetapi saya akan review sebuah film. Film ini kisah cinta masa SMA akan tetapi memiliki ciri khas sendiri. 

Film ini di adaptasi dari sebuah novel, kalian tentu sudah mengetahui kalau saya akan review film apa, Yups benar saya akan review film Dilan 1990 (2014) yang dimana sangat populer dan digandrungi oleh kaum hawa. 

Dilan 1990 ini dibintangi oleh Iqbal Ramdhan dan Venessa Pricillia, film ini karya dari Pidi Baiq, alasan kenapa digandrungi oleh para kaum hawa karena sosok dilan (Iqbal Ramadhan) ini memiliki rayuan khas nya untuk mendapatkan pujaan hatinya yaitu Milea (Venessa Pricillia).

Kalau film yang diambil dari sebuah novel tentu biasanya tidak mengambil adegan keseluruhan dari novel tersebut, berbeda dengan film Dilan 1990 ini dimana adegan dan skenario yang ada di film mirip banget sama yang ada di novel tersebut. 

Kenapa saya berani bilang seperti ini karena saya sendiri selain menonton film nya saya juga membaca novel tersebut, bahkan semua rayuan yang ada di film Dilan 1990 persis sama di Novel Dilan 1990.

Sinopsis Dilan 1990

Sinopsis awal dari Dilan 1990 ini dimana Dilan (Iqbal Ramdhan) begitu genjar mendekati Milea (Venessa Pricillia) yang dimana saat itu sudah memiliki pacar yang bernama Beni (Brendon Salim) yang berbeda kota, akan tetapi Dilan tidak genjar dengan mengeluarkan rayuan gombalnya

Saya sendiri sebenarnya dengan film dilan ini tidak seru kalau melihat dari cuplikan saja ya sobat kalau tidak menonton langsung film nya. 

Nah saya akan ceritakan atau review film Dilan 1990 karena film ini menurut saya menarik kalau diceritakan kembali, yu gaes kita review film Dilan 1990 ini. 

Review Film Dilan 1990 : Kisah Cinta Disaat SMA

Namanya juga masa SMA tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya gombalan sama halnya saat Dilan mendekati Milea ada gombal yang membuat Milea meleleh. Dilan adalah sebuah Ketua Geng motor yang ditakuti di kota bandung senangkan Milea ini adalah Siswa yang pindahan dari Jakarta.

Via https://www.youtube.com/watch?v=X_b-wNkz4DU Via Istimewa

Dilan ini karakternya itu romantis Badboy dan tidak playboy, Dilan juga tidak pantang mundur untuk mendapatkan apa yang dia mau seperti halnya mendekati Milea ya meski sudah punya pacar. 

Biasanya kalau seorang wanita digombalin terus menerus akan risih ya akan tetapi berbeda dengan Dilan rayuan nya atau gombalan nya ini malah membuat Milea semakin meleleh.

Berbeda dari yang lain gombalan Dilan ini receh akan tetapi membuat Milea selalu tersenyum, zaman dulu itu tidak ada ya ponsel seperti sekarang ini adanya telepon umum dimana jika menelepon harus menggunakan koin.

Diawal pertemuan Dilan dan Milea saja Dilan meramal dia kelak, belum lagi saat kasih TTS ke Milea agar tidak pusing mengerjakannya.

Dikala Milea Sakit juga Dilan mengantar tukang pijet kerumah Milea, hal tersebutlah yang membuat Milea penasaran ke Dilan dan Akhirnya luluh dan merindukan rayuan gombal dilan lewat telepon dering

Dilan saat menelepon Milea Kalau dia rindu menggunakan telpon dering umum, kata tersebut membuat Milea melele.

Dilan ini adalah anak TNI yang dimana tinggal dibandung bersama ibu dan adiknya sedang ayahnya jarang dirumah karena bertugas, latar belakang dari film Dilan 1990 ini sendiri adalah era Bandung tahun 90-an yang dimana lokasi syutingnya ada di Cilaki yang sekarang menjadi Jalan Milea dan SMAN 20 Bandung yang ada di kawasan Asia-Afrika.

Via https://www.youtube.com/watch?v=X_b-wNkz4DU Via Istimewa

Tidak hanya Dilan yang mendekati Milea melainkan ada juga yaitu Kang Adi dimana suka dengan Milea akan tetapi Milea tidak suka dengan Kang Adi ini, setiap Kang Adi datang kerumah tetapi Milea tidak mau menemuinya. 

Kang Adi ini umurnya sangat jauh dengan Milea dan salah satu dosen di salah satu universitas di bandung. Meski dditolak sama Milea Kang Adi tidak nyerah untuk mendekati Milea kalau main kerumah Milea selalu bawakan bingkisan. 

Pernah Kang Adi pas dirumah Milea saat itu juga Dilan datang kerumah Milea bersama teman - temannya dan Milea mengatakan ke Kang Adi kalau mau belajar bareng akhir nya pun Kang Adi pun pulang dengan rasa cemburu.

Via https://www.youtube.com/watch?v=X_b-wNkz4DU Via Istimewa

Karena ada konflik antara Milea dengan Beni akhirnya meraka berdua putus, Dilan pun mendengar hal tersebut dan semakin gencar untuk mendekati Milea.

Pas disekolah ada geng motor yang menyerang SMA 20 Bandung banyak siswa yang panik karena keributan tersebut, Milea khawatir kepada Dilan karena takut kenapa - kenapa, akhirnya Milea pun mencari Dilan hingga akhir Milea terkena lembaran batu dari geng motor tersebut.

Di Akhir cerita Dilan dan Milea akhirnya jadian dengan membuat surat pernyataan dimana kalau sudah resmi jadian, akan tetapi ada lanjutan lagi dari Dilan 1991 yaitu Dilan 1991, kalian bisa tonton kelanjutannya.

Film yang di produksi oleh Folcon Pictures yang distradarai oleh Fajar Bustomi yang sukses seperti yang ada di Novel ya walaupun banyak beberapa adegan yang dipotong karena durasi. 

Akan tetapi saya koreksi saat membaca novelnya hampir mirip seperti yang ada di Novel Dilan 1990 ini. Seperti penggabaran saat masa SMA dimana seperti sering membolos, baju tidak rapi, memiliki konflik dengan guru atau teman sebaya.

Ditambah lagi penggambaran suasana bandung diera 90an yang dimana masih sepi dari kendaraan umum, banyak para siswa SMA yang jalan kaki atau naik angkot.

Iqbal Ramdhan sebagai Dilan sukses memperankan sosok Dilan seperti yang kita tau Dilan ini adalah ketua geng motor yang suka kluyuran malam. Iqbal bisa menjelma menjadi sosok Dilan yang sangat epic dan bagus menurut saya. 

Venessa Pricillia juga begitu sangat bagus memerankan sosok Milea seorang remaja yang polos dan tidak berlebihan. Sangat sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan. 

Akan tetapi ada kekekurangan dalam film Dilan 1990 ini yaitu pada riasan yang menurut saya telalu mencolok dan berlebihan jadi tidak seperti natural. 

Film Dilan 1990 ini tidak hanya menjadi hiburan semata melainkan sebagai nostalgia masa SMA dimana masih suka bolos, suka sama seseorang, konflik dengan teman dan yang lainnya. 

Mungkin sampai disini untuk ulasan kali ini, Apabila kalian menyukai berita atau informasi mengenai film kalian bisa langsung aja ke website bacaterus.com dimana situs tersebut kalian bisa lihat artikel mengenai film seperti review, sinopsis, dan masih banyak lagi. 

Post a Comment