atau Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data - Kata Mastah

Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data

Paling Dicari, Link Download Higgs Domino V1.57 Mod X8 Speeder Tanpa Iklan Tanpa Update
Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data

Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data - Bagaimana cara install ulang laptop tanpa harus kehilangan semua data? Seperti yang kita ketahui ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam melakukan install windows mau itu windows 7, windows 8 maupun hingga windows 10.

Namun, sebagian orang memahami bahwa yang namanya install ulang windows semua data akan hilang dan terhapus. Di laptop ada yang namanya data D:/E: yang dimana berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan data seperti musik, film, game dan lain sebagainya.

Akan repot sekali jika setelah install ulang semua data yang ada malah kehapus semua, gimana jika terdapat data penting? Nah tentu ini akan sangat merugikan kamu sendiri, maka dari itu biasanya orang akan membackup terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang.

Apakah data akan hilang jika install ulang windows?

Pertanyaan seperti ini kerap sekali ditanyakan oleh orang awam yang tidak begitu mengerti masalah install ulang windows. Apakah setelah install ulang windows semua data akan hilang? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Kenapa begitu? Karena semua itu tergantung dari metode apa yang digunakan saat install ulang windows 7,8 dan 10.

Lalu, apa saja metode yang bisa digunakan dalam install ulang windows? Ada 3 metode yang perlu kamu ketahui yaitu menggunakan flashdisk rufus, menggunakan CD/DVD installer dan yang ketiga menggunakan file ISO jika tidak mempunyai DVD installer. Jadi, tinggal kamu pilih saja metode mana yang ingin kamu gunakan, tentu caranya juga berbeda-beda.

Berapa Lama Install Ulang Laptop Windows 7?

Pada umumnya install ulang windows membutuhkan waktu yang lumayan lama kisaran sekitar 1 sampai 5 jam. Akan tetapi, hal itu tidak dapat dipastikan, karena tergantung juga dari spesifikasi perangkat keras sistem yang dimiliki. Seperti kecepatan CPU, Drive Optik, hard Drive serta berapa kapasitas RAM-Nya. 

Terlebih lagi sehabis install ulang windows kamu juga harus melakukan pembaharuan Windows yang tersedia. Versi windows yang lama memungkinkan kamu untuk segera mengupdatenya. Hal ini sesuai dengan kecepatan internet serta banyaknya jumlah pembaharuan yang ada.

Berikut dibawah ini ada beberapa cara meng-install windows 7 di laptop atau PC yang juga berguna untuk edisi Basic, Home, Professional dan Ultimate.

Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data

Sebelum melakukan proses penginstallan windows 7, maka diharuskan untuk mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang harus di sediakan. Berikut alat yang wajib kamu siapkan dibawah ini:

  • Laptop atau Komputer
  • CD/DVD Driver Laptop
  • File ISO Windows 7 - Buat kamu yang tidak mempunya DVD installer Windows 7
  • DVD installer Windows 7
  • Flashdisk Bootable - Buat kamu yang tidak memiliki DVD Windows 7 bisa menggunakan Flashdisk rufus

Dalam melakukan install ulang kamu harus tentukan terlebih dahulu metode mana yang ingin kamu pilih, apakah ingin menggunakan DVD installer atau menggunakan Flashdisk? Nah, disini Mimin akan kasih tutorial install ulang windows 7 menggunakan CD/DVD. 

Simak ulasannya!

Langkah-Langkah Cara Install Windows 7

1. Nyalakan Komputer 

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menghidupkan laptop jika menggunakan laptop atau menyalakan komputer jika kamu memakai komputer. Setelah komputer nyala, kemudian masuk ke menu BIOS seperti langkah kedua dibawah ini.

2. Masuk Ke BIOS

Setelah menyalakan komputer, masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F2 atau bisa juga dengan tombol lainnya seperti ESC, F1, F10 atau Del. Kamu bisa gunakan tombol lainnya jika tombol F2 tidak berfungsi. Kemudian, klik pada bagian Boot, Boot pertama silahkan isikan CD/DVD dengan menekan tombol +/- . Untuk pemilihan menu BIOS kamu bisa mengeklik tanda arah, untuk versi terbaru kamu cukup menggunakan mouse saja.

Selanjutnya, simpan konfigurasi dengan menekan opsi Exit, Saving Changes dan Yes, lalu tekan Enter. Sebelum menekan Enter, pasang terlebih dahulu DVD installer windows 7. Setelah terpasang maka akan secara otomatis melakukan restart. Sehabis restart tekan sembarang tombol, gunanya agar muncul tampilan Install Windows seperti pada gambar dibawah ini.

3. Install Windows

Tampilan install windows sudah muncul, disini kamu di perintahkan untuk mengisi beberapa menu yang harus di isi. Cara pengisiannya seperti berikut:

  • Language - Silahkan klik menunya dan pilihlah bahasa Indonesia, atau kamu juga bisa pilih bahasa Inggris jika kamu paham.
  • Time and Currency Format - Menu ini fungsinya untuk menentukan format jam serta mata uang negara, kamu bisa pilih sesuai negara yaitu Indonesia.
  • Keyboard or Input Methods - Pada menu yang ini silahkan kamu abaikan saja.
  • Selanjutnya, klik Install Now atau kamu bisa langsung klik Next.

Setelah proses pengisian install windows selesai, langkah selanjutnya kamu akan disuruh pilih 2 menu yaitu Upgrade dan Custom (Advance), silahkan kamu pilih menu Custom (Advance) tujuannya agar kamu bisa mengendalikan serta menghapus partisi nantinya. 

4. Mengatur Partisi

Perlu kamu ketahui, pada laptop atau PC terdapat 3 partisi seperti C:/D:/E:, partisi C: berguna untuk system sedangkan partisi D: dan E: berfungsi untuk data kamu. Berikut cara untuk mengatur partisi:

  • Kamu klik atau pilih terlebih dahulu pada partition 2 Windows 7 Ultimate x86, jika yang kamu pilih yang paling bawah atau yang ketiga, maka data kamu akan terhapus nantinya maka ini hati-hati.
  • Hapus partisi dengan cara klik Delete lalu klik OK.
  • Selanjutnya membuat partisi baru dengan mengeklik menu New lalu klik OK.
  • Selanjutnya, klik atau pilih pada partition primary yang paling atas untuk melakukan booting install, lalu klik Next.

5. Install Ulang Selesai

Nah sampai disini kamu sudah selesai melakukan install windows 7 tanpa harus kehilangan data. Gampang sekali bukan? Mimin rasa tutorial diatas sudah sangat jelas dengan gambar yang sudah Mimin edit agar lebih mudah dipahami.

Baca Juga: 15 Aplikasi yang Harus Ada di Laptop Setelah Install Ulang

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara install ulang windows 7 tanpa menghilangkan data. Semoga bisa memberikan wawasan serta manfaat lebih. Jika masih belum paham, bisa langsung tanyakan dikolom komentar dibawah.

Selamat mencoba...

1 comment

  1. Nice 👍