Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Tips Meningkatkan Traffic Blog Agar Banyak Pengunjung

Tips Meningkatkan Traffic Blog Agar Banyak Pengunjung

KataMastah.com - Bagaimana cara meningkatkan traffic blog supaya banyak pengunjung? Kebetulan sekali, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Memiliki banyak pengunjung / visitor blog merupakan tujuan utama bagi blogger pemula. Mengapa? karena dengan begitu blognya akan semakin berkembang dan tentunya akan meningkatkan penghasilan.

Dalam dunia blogging terdapat satu aspek yang berpengaruh dalam meningkatkan traffic atau pengunjung blog yaitu SEO.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yakni metode optimasi yang dilakukan pada blog agar blog dapat dengan mudah terindeks dan muncul di halaman pertama google. 

Singkatnya, SEO bertujuan agar blog menjadi lebih disukai oleh google, sehingga nantinya akan berpangaruh baik dalam perkembangan blog.

SEO sendiri terbagi menjadi dua, yakni SEO Onpage dan SEO Offpage. Kedua teknik tersebutlah yang akan kita gunakan untuk meningkatkan traffic atau pengunjung blog.

Untuk itu, berikut ini rangkuman mengenai cara meningkatkan traffic blog dengan metode SEO Onpage dan Offpage

1. Membuat Artikel yang Berkualitas

Cara pertama ini merupakan hal wajib yang harus kamu terapkan jika ingin meningkatkan traffic atau pengunjung blog.

Konten yang berkualitas menjadi salah satu faktor dalam menentukan posisi artikel pada halaman pencarian Google.

Konten yang berkualitas dapat menarik pembaca sehingga pembaca menjadi betah dan mendapatkan apa yang mereka cari, tentu ini menjadi hal yang bagus karena akan berpengaruh pada bounce rate blog.

Bounce rate sendiri merupakan total presentase kunjungan pembaca yang langsung meninggalkan blog setelah membukanya.

Dengan artikel yang berkualitas tentunya pembaca akan betah berlama lama di dalam blog. Berbeda halnya jika artikel blog tidak berkualitas, pastinya pengunjung akan meninggalkan blog setelah membukanya.

Tentu hal tersebut berpengaruh buruk bagi perkembangan blog, karena Google akan menilai jelek blog kita.

Selain itu terdapat beberapa aspek lainnya yang harus kamu pahami dalam membuat artikel yang berkualitas, seperti misalnya, jumlah kata pada artikel , link building, penggunaan heading dan lainnya.

Kamu bisa membaca lebih detailnya pada artikel mengenai cara membuat artikel yang berkualitas.

2. Rajin Update Artikel / Memperbanyak Artikel

Agar traffic blog semakin meningkat, maka kamu juga harus rajin update dan memperbanyak artikel, karena dengan begitu akan banyak sumber artikel yang akan mendatangkan pengunjung.

Selain itu ini juga akan mempercepat proses indeks google, karena dengan rajin update artikel, google akan menilai blog kita sebagai blog yang aktif, tentu ini akan meningkatkan authority blog kita di mata Google.

Tapi jangan sampai lupa untuk membuat artikel yang berkualitas, karena percuma juga jika rajin update namun menulis artikel yang tidak berkualitas.

3. Konsisten Memposting Artikel

Selain rajin update dan membuat artikel berkualitas, kamu juga harus konsisten dalam memposting artikel.

Misalnya satu atau dua artikel setiap harinya, ini bertujuan agar blog kita dinilai up to date oleh google sehingga meningkatkan authority blog kita.

Usahakan untuk memposting artikel secara teratur setiap harinya, jangan sampai satu hari memposting enam artikel lalu besoknya tidak memposting artikel, ini kurang bagus, karena bisa di anggap spam oleh Google. 

4. Menggunakan Template Blog yang Responsive dan Ringan

Selain artikel, penggunaan template blog juga berperan penting dalam meningkatkan traffic atau pengunjung blog.

Gunakanlah template atau tema blog yang responsive dan ringan. Mengapa? karena ini berpengaruh pada pengalaman pengguna pengunjung blog.

Jika kamu menggunakan tema blog yang berat ataupun tidak responsive, maka pengunjung blog akan merasa risih dan buru buru meninggalkan blog kamu.

Bayangkan saja jika pengunjung blog harus menunggu loading yang lama karena kamu menggunakan template yang berat dan tidak responsive, pastinya mereka akan langsung pergi dan mencari artikel blog lain yang loadingnya lebih cepat.

Template yang memiliki tampilan bagus, responsive dan ringan akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan traffic blog.

Jika kamu bingung memilih template blog, amu bisa membaca artikel mengenai rekomendasi template blog responsive dan ringan .

5. Submit URL ke Google Webmaster dan Bing Webmaster

Sebenarnya tanpa submit URL ke Google webmasterpun artikel kita akan diindeks oleh Google, Namun untuk mempercepat proses indeks tersebut, kita bisa langsung gunakan Google Webmaster.

Oleh sebab itu jangan lupa untuk melakukan submit URL pada Google webmaster ataupun bing webmaster, hal ini bertujuan agar artikel yang kita buat bisa langsung terindeks.

Jika artikel yang kita buat sudah terindeks google maka artikel kita akan muncul pada halaman hasil pencarian google.

Tentu iu akan meningkatkan traffic jika ada pembaca yang membuka artikel kita.

Jika kamu masih benar benar pemula dan masih belum tau cara untuk mendaftarkan atau submit URL ke Google webmaster, kamu bisa membaca artikel mengenai cara daftar Google Webmaster.

6. Share Artikel di Medisa Sosial

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic blog atau pengunjung blog kamu adalah dengan cara share artikel di media sosial.

Kamu bisa membagikan artikel kamu di media sosial seperti whatsaap, twitter ataupun facebook.

Share artikel kamu di grup sesuai dengan konten artikel kamu. Misalnya artikel blog kamu membahas mengenai cara perawatan kucing, maka kamu bisa membagikan artikel kamu di grup pecinta kucing.

Jika artikel yang kamu buat bagus dan menarik tentu saja pembaca kamu akan betah dan kembali lagi untuk membaca artikel artikel lainnya.

7. Melakukan Guestpost atau Membeli Baclink

Metode ini bisa menjadi sangat ampuh untuk meningkatkan traffic pengunjung blog jika kamu membeli backlink atau melakukan guestpost pada blog yang memiliki analitik bagus.

Guestpost sendiri adalah kegiatan dimana kamu membuat artikel di blog orang lain dan kamu akan mendapatkan backlink secara gratis.

Backlink sangat berperan dalam meningkatkan posisi artikel kita pada halaman hasil pencarian goole.

Backlink sendiri merupakan link dari blog lain yang mengarah pada link artikel blog kita, yang artinya nantinya kita bisa mendapatkan pengunjung dari blog lain.

Jika kamu mempunyai modal kamu bisa membeli backlink berkualitas, agar rating blog kamu bagus di mata google.

Namun jika kamu tidak mempunyai modal, kamu bisa melakukan guestpost saja untuk mendapatkan backlink gratis.

8. Beriklan

Salah satu metode terakhir yang jarang digunakan adalah dengan menggunakan paid traffic alias beriklan.

Kamu bisa menggunakan metode ini untuk meningkatkan traffic pengunjung blog kamu jika kamu mempunyai modal.

Beberapa platform yang biasa diguanakan untuk beriklan adalah facebook ads dan google ads.

Dengan beriklan kamu bisa meningkatkan traffic blog kamu secara signifikan sesuai dengan dana yang kamu habiskan.

Posting Komentar untuk "7+ Tips Meningkatkan Traffic Blog Agar Banyak Pengunjung"